Syarat TA

PROSEDUR PELAKSANAAN

Pelaksanaan TA dibagi dalam 4 tahapan yang saling menunjang yaitu: tahap persiapan, tahap pengerjan, tahap penyusunan dan tahap ujian lisan.

2.1       Tahap persiapan TA

1.  Mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah tugas akhir (TA) harus mengikuti briefing  tentang syarat- syarat tugas akhir oleh koordinator TA di akhir semester regular sebelumnya.

2.   Mahasiswa sudah memenuhi persyaratan sbb:

  • Sudah mengumpulkan sejumlah 120 sks di dalam 120 sks harus memenuhi kriteria :

–          Indeks prestasi komulatip (IPK) ≥ 2

–          Tidak ada nilai E dan D

–          Beban studi maximum: 16 sks termasuk TA

  • Telah menyelesaikan kerja praktek lapangan dan praktikum laboratorium serta telah menyelesaikan semua tugas  yang disyaratkan
  • Telah lulus mata kuliah Teknik penulisan dan presentasi
  • Telah lulus mata kuliah bidang keahlian yang diminati dengan nilai minimal B, peminatan yang dapat diambil:  bidang keahlian struktur, bidang keahlian transportasi, bidang keahlian keairan, bidang keahlian geoteknik, bidang keahlian manajemen konstruksi, distribusi bidang keahlian ditentukan koordinator TA.

3.  Mahasiswa peserta TA mengisi formulir FTA-A yang disediakan oleh Koordinator TA , mahasiswa berhak mengajukan 2 bidang keahlian yang hasilnya akan ditentukan oleh koordinator TA

4.   Menyelesaikan persyaratan administrasi yaitu: mengisi KRS (Kartu Rencana Studi)   untuk mata kuliah TA pada semester berjalan dan mendaftar serta mengisi formulir peserta pembimbingan tugas akhir, melampirkan semua bukti- bukti persyaratannya.

2.2     Tahap pengerjaan TA

  1. Mahasiswa peserta TA menerima formulir FTA-A dan FTA-1 yaitu fomulir yang menyatakan mahasiswa berhak membuat TA dan nama dosen pembimbing, baik hanya dosen pembimbing utama atau dengan pembimbing pendamping (co pembimbing). Copy dari formulir tsb di atas diberikan kepada dosen pembimbing.
  2. Dengan memperhatikan jadwal konsultasi/bimbingan dari dosen pembimbing, mahasiswa  konsultasi judul TA yang akan dibuat dan  mempersiapkan proposal  TA. Proposal ini akan diseminarkan 1 bulan setelah mahasiswa menerima fomulir penunjukan dosen pembimbingnya.
  3. Dalam membuat penulisan TA, peserta wajib melakukan proses bimbingan dengan dosen pembimbing dengan mengisi formulir No. FTA-2 “Kehadiran Bimbingan”. Waktu yang disediakan oleh dosen pembimbing utama atau dengan dosen pembimbing pendamping adalah minimum 10x dalam waktu 4 bulan.
  4. Setiap peserta TA membuat “Surat pernyataan Keaslian Laporan Tugas Akhir” yang ditanda tangani di atas meterai Rp. 6000,- yaitu formulir FTA-3

2.3     Tahap pengumpulan laporan TA

  1. Syarat- syarat pengumpulan laporan TA:
  • Mencantumkan lembar pengesahan dari pembimbng yang menyatakan penulisan TA telah memenuhi syarat untuk diuji.
  • Mengisi formulir FTA-4 yaitu “ Tanda bukti selesai Tugas Akhir”
  1. Jadwal pengumpulan laporan TA ditentukan setelah ujian akhir semester
  2. Laporan TA dikumpulkan sebanyak 4 buah buku dengan soft cover warna biru telor asin dan belum dijilid (direkat)  kepada petugas yang ditunjuk oleh jurusan Teknik Sipil.
  3. Laporan yang telah dikumpulkan akan didistribusikan ke dosen pembimbing dan penguji tugas akhir

2.4    Tahap ujian laporan tugas akhir

  1. Laporan TA yang telah memenuhi syarat, wajib dipresentasikan oleh mahasiswa peserta TA dihadapan dosen pembimbing dan dosen penguji yang ditetapkan oleh koordinator TA, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  2. Pada saat presentasi mahasiswa peserta TA wajib mempresentasikannya dalam bentuk power point, hal ini akan menumbuhkan rasa percaya diri dan memberikan pelatihan dalam berkomunikasi secara lisan.

3. Dosen pembimbing dan dosen penguji memberi nilai kepada peserta TA yang telah mempresentasikan laporan penulisan TA nya sesuai dengan ketentuan yang ada pada jurusan Teknik Sipil dan dosen pembimbng serta dosen penguji berwenang untuk memperbaiki/koreksi isi dari laporan penulisan TA jika ada yang dianggap kurang atau sesuai dan mahasiswa peserta TA wajib memperbaikinya dalam waktu yang telah ditentukan.

4.  Setelah laporan TA diperbaiki (jika ada koreksi), mahasiswa peserta TA wajib lapor kembali ke dosen pembimbing untuk kemudian disahkan oleh dosen pembimbing dan peserta berhak mendaftar yudisium.

5.  Pada akhirnya laporan TA, 1 buku dijilid hard cover, 3 buku dijilid soft cover dan CD diserahkan kembali ke petugas jurusan Teknik Sipil untuk disimpan di studio tugas Jurusan Teknk Sipil.

6.   Menyerahkan soft copy untuk dosen pembimbing, co pembimbing (jika ada), jurusan, fakultas

7.  Menyerahkan 2 set buku yang berisi, lembar judul, semua formulir (FTA…), daftar isi, abstrak dan kesimpulan serta saran

 

 

 

 

 

 

 

 

Posted 15 April 2012 by jtsusakti

  • Mei 2024
    M S S R K J S
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031